Rabu, 10 Februari 2010

ALAT PENGECAP DAN PENGHITUNG BENDA PRODUKSI BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Alat ini dirancang dengan tujuan untuk mewujudkan Alat Pengecap dan Penghitung Benda Produksi Berbasis Mikrokontroler AT89C51 dengan biaya yang relatif murah dan mengetahui kinerja dari Alat Pengecap dan Penghitung Benda Produksi Berbasis Mikrokontroler AT89C51. Jadi secara terperinci Alat Pengecap dan Penghitung Benda Produksi Berbasis Mikrokontroler AT89C51 disini merupakan sebuah piranti elektronik yang difungsikan sebagai pengendali piranti industri berkaitan dengan pemrosesan produk. Alat Pengecap dan Penghitung Benda Produksi Berbasis Mikrokontroler AT89C51 merupakan piranti sistem kompleks yang menggabungkan antara sistem pengendalian conveyor, pemberian label produk serta menampilkan data cacahan produk yang telah diproses.

Metode yang digunakan dalam membuat alat ini menggunakan metode rancang bangun yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, (1) Konsep perancangan (2) Proses pembuatan yang meliputi 2 (dua) tahap yaitu tahap perakitan hardware (perangkat keras) dan tahap penyusunan software (perangkap lunak) (3) Tahap pengujian.

Alat ini bekerja berdasarkan pemanfaatan sensor infra merah yang berfungsi untuk mendeteksi benda yang berada diatas conveyor. Alat bekerja jika sebuah benda/objek yang terdeteksi sensor infra merah, maka sensor akan mengirimkan data ke rangkaian counter penghitung yang dilengkapi dengan rangkaian display untuk menampilkan angka cacahan. Selain itu alat ini juga dilengkapi rangkaian pengelompok angka cacahan yang ditampilkan dengan display yang dapat ditentukan dengan memasukkan data angka untuk menentukan jumlah angka pengelompokan. Hasil dari pembuatan Alat Pengecap dan Penghitung Benda Produksi Berbasis Mikrokontroler AT89C51 adalah agar alat tersebut dapat menghitung benda yang terdeteksi sensor infra merah dan mengecap benda tepat diatas benda tersebut. Benda yang dapat disensor oleh sensor infra merah adalah benda yang berbentuk kubus atau kotak yang tidak transparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar