Rabu, 10 Februari 2010

KRAN DAN PENGERING TANGAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535

Gerakan hemat di berbagai bidang sekarang ini menjadi program pemerintah ,salah satunya adalah penghematan air. Sementara ini masyarakat menggunakan kran konvensional yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan pemborosan . Salah satu contohnya saat kita membasuh muka dengan cara menggunakan dua buah tangan dan saat tangan kita membasuhkan air ke muka ,tanpa kita sadari kran yang terbuka tersebut tidak menutup dengan sendirinya meskipun kita tidak membutuhkannya lagi dan kita telah melakukan pemborosan ,karena air tersebut telah terbuang begitu saja. Disamping itu, dengan adanya sistem pengering tangan menggunakan mikrokontroler ATMega 8535 yang menggunakan sistem otomatis ini diharapkan membantu usaha peningkatan mutu pelayanan para pelaku bisnis di berbagai aspek memberikan media peralatan otomatis untuk memberikan kemudahan bagi konsumennya, terutama diaplikasikan pada bidang bisnis kuliner, diharapkan memberikan nilai lebih bagi para konsumen. Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk mencuci dan mengeringkan tangan dengan sistem otomatis. Sehingga konsumen dapat mencuci mengeringkan tangannya dengan mudah tanpa harus repot menggunakan media yang manual.

Susunan kran dan pengering tangan otomatis ini mempunyai beberapa bagian yaitu sensor ultrasonik, rangkaian kontrol, rangkaian driver, hair dryer sebagai pengering tangan, central lock sebagai pembuka dan penutup kran, dan catu daya. Pendeteksian ada dan tidaknya tangan dibawah alat tersebut menggunakan metode pemantulan gelombang ultrasonik. untuk mengaktifkan central lock dan hair dryer digunakan relay sebagai saklar. Sistem minimum mikrokontroler AVR ATMEGA 8535 untuk memberikan perintah outputan untuk menjalankan central lock dan hair dryer.

Secara keseluruhan kinerja alat telah menunjukkan hasil sesuai dengan rancangan yaitu mampu bekerja mengalirkan air dan menghembuskan angin secara otomatis apabila ada benda (tangan) dibawah sensor tersebut dengan jarak maksimal 43 cm untuk kran dan 33 cm untuk pengering, dan akan mati apabila sensor tidak mendeteksi benda selama ± 5 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar