Rabu, 10 Februari 2010

PENCACAH ENAM DIGIT BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89S51 PADA PENGEPAKAN BUTIRAN TABLET

Program Assembly pada mikrokontroller mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan alat-alat elektronik di dunia industri kususnya pada perancangan sistem pengendali dari alat elektronik tersebut. Ini terbukti dengan banyaknya alat-alat produksi yang dirancang dengan memanfaatkan program mikrokontroller sebagai rangkaian utama pengendalinya. Untuk lebih spesifik program ini dapat diterapkan pada alat elektronik di bidang farmasi yaitu pengendali motor pada proses pengepakan butiran tablet. Berdasarkan faktor ketepatan dan kecepatan penghitungan jumlah butiran tablet maka diperlukan perancangan program pencacah tablet enam digit berbasis mikrokontroller.

Metode yang digunakan pada proyek akhir ini adalah perancangan perangkat lunak (software) dari alat pengepakan butiran tablet berbasis mikrokontroller. Perangkat lunak ini adalah sebuah rancangan program pengendali untuk mengendalikan motor pengayak dan penyodok tablet serta motor penggerak ban berjalan (konveyor) dari alat pengepakan butiran tablet. Program ini terdiri dari program utama yaitu pencacahan/penghitungan dan beberapa prosedur pengendali motor antara lain pengalamatan awal yang berguna untuk menentukan port-port pada mikrokontroller yang berhubungan dengan komponen luar, prosedur penampilan data set awal dan proses pencacahan ke tujuh segmen, prosedur menghidupkan dan mematikan motor serta prosedur tunda (delay)

Pengujian yang dilakukan terhadap program ini mampu melakukan penghitungan maksimal 999 butir tablet (tiga digit hexa) pada setiap pengesetan awal melalui keypad sesuai dangan jumlah pasangan port yang digunakan pada bit komparator dan mikrokontroller AT89S51.

1 komentar:

  1. bs gk tlg diberikan contoh industri farmasi kecil yang pengemas tablet ke dalam botol dengan cara manual dan lamat industri tersebut serta nama industrinya??
    atau mungkin ap tujuan anda membuat alat ini???
    Thank's before...

    BalasHapus