Rabu, 10 Februari 2010

PENGIRIMAN DATA DETEKSI DINI KEBOCORAN GAS LPG DIRUMAH TANGGA MELALUI SMS

Program konversi minyak tanah ke gas LPG yang telah dilaksanakan oleh pemerintah beberapa waktu lalu banyak menimbulkan masalah, seperti kebocoran tabung gas LPG yang akhirnya dapat menimbulkan kebakaran dirumah tangga. Maka dari itu terciptanya alat pengiriman data deteksi dini kebocoran gas LPG dirumah tangga melalui SMS dapat mengurangi kebakaran yang disebabkan oleh tabung gas LPG.

Susunan pengiriman data deteksi dini kebocoran gas LPG dirumah tangga melalui SMS mempunyai beberapa bagian yaitu : bagian pertama sensor HS-133 yang berfungsi mendeteksi kandungan gas LPG. Kedua mikrokontoler at-mega 8535 merupakan otak dari alat ini yang berfungsi untuk proses pengambilan dan pengolahan data. Ketiga seven segment sebagai penampil persentase kandungan gas LPG yang terdeteksi oleh sensor. Keempat buzzer berfungsi sebagai pemberitahuan dini apabila kandungan gas LPG sudah berada diatas ambang yang telah ditentukan. Untuk memberikan pesan ke HP maka digunakan IC 7407 yang berfungsi sebagai buffer.

Secara keseluruhan kinerja alat ini telah menunjukkan hasil 90% sesuai dengan rancangan yaitu mampu bekerja mendeteksi gas LPG yang bocor, dan apabila kandungan gas LPG yang bocor itu sampai pada level B yang ditunjukan oleh seven segment dan indikator led kuning maka buzer menyala, sedangkan apabila tingkatan bahaya gas LPG yang bocor sampai pada level C yang ditunujukan oleh tampilan seven segment dan indikator led merah menyala, maka akan terjadi proses pengiriman SMS ke handphone pengguna alat ini.

1 komentar:

  1. bisa di kirim programnya dengan menggunakan mikrokontroler atmega8535 ga?

    BalasHapus