Selasa, 09 Februari 2010

Alat Pengisi Baterai Dengan Tenaga Surya

Tujuan dari pembuatan alat ini adalah merancang dan membuat suatu sistem pengisian baterai menggunakan tenaga surya dan mendapatkan kinerja dari alat pengisi baterai bertenaga surya.

Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah pengembangan alat dengan komponen yang digunakan antara lain transitor ZTX 851, tranformator Step-up dan diode sebagai penyearah. Susunan dari alat pengisi baterai dengan tenaga surya ini mempunyai beberapa bagian antara lain adalah inverter dan rangkaian penguat. Prinsip kerja dari sebuah inverter adalah dengan menggabungkan sebuah rangkaian multivibrator yang dihubungkan dengan sebuah transformator. Untuk penguatan arus dalam rangkaian ini digunakan transistor ZTX 851 dan BC547. Sedangkan untuk rangkaian rectifier digunakan metode penyearah setengah gelombang, sehingga digunakan diode 1N40001 dengan batasan arus maksimal 1 ampere.

Hasil dari pengukuran dilakukan pada pukul 08.00 sampai pukul 16.00 pada kondisi cuaca cerah dan panas. Hasil pengukuran tersebut sangat terpengaruh oleh kondisi dari cuaca, dalam hal ini apabila kondisi cuaca cerah dan panas maka hasil output akan tinggi atau maksimal. Sedangkan bila kondisi cuaca mendung ataupun kurang panas hasil keluaran akan menjadi rendah, bahkan dapat memungkinkan alat tidak bekerja seebagaimana mestinya. Nilai tertinggi hasil pengukuran adalah sebesar ±8.30 V antara pukul 13.00-14.00, sedangkan untuk nilai terendah adalah ±6.50 V yang terjadi pada pukul 15.00-16.00. nilai rata-rata dari semua pengukuran tersebut adalah ±7.515 V. jadi untuk melakukan pengisian baterai agar lebih efisien dapat dilakukan antara pukul 11.00 sampai pukul 14.00 dalam kondisi cerah dan panas. Besar nilai arus yang mengalir pada baterai sangat ditentukan oleh nilai hambatan (beban) yang terdapat pada baterai itu sendiri. Apabila baterai dalam kondisi kosong maka beban baterai akan menjadi kecil dan arus yang mengalir menuju baterai menjdai besar, sebaliknya jika baterai dalam keadaan berisi maka beban baterai menjadi lebih besar sehingga arus yang mengalir menuju baterai menjadi lebih kecil. Besar arus yang mengalir menuju baterai ini akan mempengaruhi waktu pengisian baterai, semakin besar arus yang mengalir menuju baterai maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar